Penjelasan tentang lampu LED ( Light Emiting Diode ) dan Lampu Metal Halide dalam dunia fotografi dan camera digital

Cahaya pada LED dihasilkan oleh bahan khusus yang mengeluarkan cahaya saat dialiri listrik. Pada awalnya, LED memiliki output cahaya yang sangat rendah. Seiring perkembangan riset, saat ini sudah muncul jenis baru yang disebut Hight Power LED dengan keluaran cahaya hingga ribuan lumens.

Warna cahaya LED bisa bermacam-macam sesuai jenis material yang digunakan, dan LED khusus untuk fotografi dan videografi biasanya di desain dengan warna netral Daylight (5500K). LED ini biasanya dijual dengan paket kompak berisi deretan LED dengan satu daya batrai atau adaptor.

contoh lampu LED


Spectrum cahaya LED memiliki karakter yang bergelombang. Tinggkat CRI dari lampu LED bervariasi tergantung dari seri dan gradenya.

Selanjutnya kita bahas lampu Metal Halide.

LAMPU METAL HALIDE


Lampu ini bekerja dengan prinsip High Intensity Discharge (HID), menghasilkan cahaya dengan melepaskan busur listrik melalui gas campuran uap merkuri dan metal halide. Cahaya yang dihasilkan memiliki warna putih dengan CRI sekitar 85-96 %.

contoh lampu Metal Halide

Lampu ini sering digunakan untuk lampu sorot di stadion olahraga, lapangan futsal, lampi panggung, dan lampu pabrik. Karena color temperature yang bagus dan CRI yang tinggi, jenis lampu ini juga sering digunakan untuk keperluan syuting vidio dan fotografi. Tipe lampu Metal Halide yang sering ditemui adalah lampu HMI (Hydrargyrum Medium-arc Iodide).

Sekian dan terimakasih pembahasan hari ini dan selanjutnya nantikan artikel saya yang tebaru. Terimakasih.

2 Responses to "Penjelasan tentang lampu LED ( Light Emiting Diode ) dan Lampu Metal Halide dalam dunia fotografi dan camera digital "