Info Light Modifier dalam dunia fotografi dan Camera Digital

Sinar dari sumber cahaya seringkali belumcukup sesuai untuk digunakan langsung pada pemotretan. Pencahayaan ini masih perlu dimodifikasi terlebih dahulu untuk menghasilkan karakter yang di inginkan.

Light Modifier adalah peralatanyang digunakan untuk memodifikasi cahaya atau mengubah keluaran sumber cahaya. Desain dan cara kerja Light Modifier bermacam-macam, dengan karakter yang juga khas. Metode yang sering digunakan adalah dengan memantulkan (reflektor), membaurkan (diffuser), menyaring (filter), atau menghalangi.

1.Reflektor

Sesuai dengan namanya, Reflektor adalah alat yang digunakan untuk memantulkan cahaya. Pada prakteknya alat ini bisa memiliki bentuk dan bahan yang bermacam-macam, mulai dari reflektor lipat dari bahan kain, karton, lembaran styrofoam, corrugated board, dinding, atau bahkan kemeja berwarna putih. Sebagai catatan, reflektor akan membawa karakter warna dari bidang pantu

Penerapan reflektor dalam fotografi umumnya ada dua jenis yaitu:

a. Untuk mengubah hardlight menjadi softlight. Reflektor menangkap cahaya dari sumber dengan permukaannya yang lebih luas, untuk kemudian memantulkan/memancarkan kembali ke objek.

b. Sebagai Fill-in. Reflektor digunakan untuk memantulkan cahaya ke sisi objek yang kurang mendapat pencahayaan.

Reflektor 5in1
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, warna di permukaan reflektor memengaruhio cahaya yang dipantulkan. Di toko aksesoris fotografi banyak dijual reflektor yang disebut "5in1" dengan sisi pantul yang bisa  ditukar-tukar menjadi warna putih, silver, gold, hitam, atau sebagai diffuser. Anda bisa menggunakan sisi reflektor yang berwarna silver untuk mendapat pantulan yang lebih kuat dan tajam, atau sisi emas(gold) untuk memberikan warna yang warm.
Contoh Reflektor 5 in 1.

2. Diffuser

Diffuser digunakan untuk membaurkan sinar yang melaluinya. Alat ini dibuat dari bahan translusent, atau tembus cahaya tetapi tidak tembus pandang. Contoh yang sering digunakan adalah kain putih, plastik translucent, kertas kalkir, atau corrugated board.

Penggunaan umum diffuser dalam fotografi adalah:
a. Untuk mengubah hardlight menjadi softlight. Diffuser menangkap cahaya dari sumber dengan permukaannya yang lebih luas, untuk kemudian meneruskan cahaya ke arah subjek.
b. Mengurangi intensitas cahaya.

Contoh Diffuser.

Karakter cahaya dari diffuser umumnya lebih lembut dari reflektor, tetapi dengan penurunan intensitas cahaya yang lebih besar, tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Warna bahan yang umum digunakan sebagai diffuser adalah putih translucent.

2 Responses to "Info Light Modifier dalam dunia fotografi dan Camera Digital"