Belajar pencahayaan kamera DSLR untuk Fotografer.

Cahaya yang ada di sekitar kita.

Cahaya tersedia begitu banyak di sekitar kita, dari mulai cahaya matahari, cahaya lampu, cahaya pada layar laptop, cahaya dari api, hingga cahaya flash pada kamera kita. Semua cahaya inilah yang bisa membuat kita untuk melihat keindahan dunia... Betulll ?

Semua jenis bentuk dan warna yang bisa kita lihat dihasilkan oleh adanya cahaya. Sinar yang mengenai permukaan objek akan dipantulkan dengan intensitas dan spektrum waran tertentu, kemudian di tangkap oleh retina mata, dan selannjutnya diolah menjadi informasi visul oleh otak.

Hal ini juga terjadi pada kamera digital yang kita miliki, namun pada kamera fungsi retina digantikan oleh sensor digital CMOS ataupun CCD. Data yang diterima oleh sensor ini kemudian dikirim ke Chip Image Processing untuk diolah menjadi gambar, dan selanjurnya dikirim untuk disimpan pada media penyimpanan seperti Memory Card.

Cahaya kasatmata, merupakan gelombang energi elektromagnetik yang bisa dilihat oleh mata manusia. Spektrum cahaya kasat mata ini memiliki panjang gelombang yang berkisar dari 400  nm hingga 700 nm(nanometer).


Spektrum cahaya kasatmata, 400-700nm
Spektrum cahaya kasatmata, 400-700 nm
Cahaya ini juga memiliki arah rambat yang relatif lurus dan memiliki kecepatan luar biasa, mencapai 300 juta meter per detik. Arah cahaya ini juga bisa kita rubah dengan cara dipantulkan, disebarkan, dibiaskan, ataupun dihentikan.

1 Response to "Belajar pencahayaan kamera DSLR untuk Fotografer."